0


LANGSA | GLOBAL SUMUT- Workshop/Sosialisasi dan Pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentang penggunaan E-Katalog serta Pendampingan Stakeholder oleh Lembaga Perbankan,Kamis (19/09/2024) di Aula Setdakot Langsa.


Kegitan tersebut dibuka langsung oleh Pj Sekda Kota Langsa Suriyatno, AP, MSP, dan Peserta diikuti Pelaku UMKM dari berbagai sektor baik yang sudah berjalan maupun yang baru akan mendaftar E-Katalog, dan perwakilan OPD sebagai pengguna. 

Dalam sambutannya Pj Walikota Langsa Syaridin, S.Pd, M.Pd, yang disampaikan oleh Pj Sekda Kota Langsa Suriyatno menjelaskan, Pemerintah menyadari peran strategis UMKM dalam perekonomian bangsa sangatlah penting. “Krisis multidimensional tahun 1998 mengajarkan kepada kita bahwa UMKM-lah yang menjadi penyelamat perekonomian bangsa ini,” katanya.

Sesuai dengan perkembangan jaman, proses pengadaan barang dan jasa di pemerintah saat ini telah menggunakan E-Katalog, yaitu platform digital yang dirancang untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa secara transparan, akuntabel, auditable dan efisien dengan melibatkan UMKM dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Pemerintahan.

“Pelaku UMKM Kota Langsa diharapkan dapat memanfaatkan Platform E-Katalog dalam pemasaran produknya sehingga produk barang dan jasa Kota Langsa banyak yang laku dan banyak digunakan,” harapnya. 

Dengan menggunakan produk Kota Langsa secara otomatis akan menambah peluang kerja, mengurangi pengangguran, meningkatkan perputaran uang, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Langsa. 

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota Langsa telah menerbitkan Peraturan Walikota Langsa Nomor 43 Tahun 2019 tentang Bela dan Beli Produk Kota Langsa. Perwal tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021. 

“Ini merupakan kabar gembira bagi pelaku UMKM yang dengan semangatnya menggalakkan produksi dan penggunaan produk local dalam proses pengadaan barang/jasa di Pemerintah,” ungkapnya.

Pemerintah tidak bisa hanya menghimbau, menyarankan, atau memerintah saja, tetapi juga harus memberikan contoh/teladan dalam pengadaan barang/jasa di pemerintah yang lebih mengutamakan penggunaan produk lokal Kota Langsa.

“Sebagai bukti nyata komitmen kami tersebut, maka dalam kegiatan hari ini kami kumpulkan perwakilan dari semua OPD yang bertanggung jawab secara teknis dalam pengadaan barang/jasa di OPD-nya masing-masing,” paparnya

Dalam kegiatan ini kami harapkan terjalin komitmen antara pelaku UMKM dengan perwakilan OPD untuk mengoptimalkan penggunaan produk lokal Kota Langsa dalam pengadaan barang/jasanya. Komitmen tersebut harus real dan berdasarkan penilaian yang obyektif terhadap produk barang dan jasa UMKM Kota Langsa.

Oleh karena itu pelaku UMKM yang hendak masuk dalam Platform E-Katalog tentu harus bisa menjamin kualitas, kuantitas, dan kontinuitas produk barang/jasanya. Sebelum produk barang/jasanya didaftarkan dalam E-Katalog tentu harus melalui proses verifikasi produk oleh pihak yang berwenang.

“Ini kesempatan emas untuk memasarkan produk barang/jasa UMKM Kota Langsa. Kami berharap kesempatan emas ini dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pintanya

Pelaku UMKM sudah bisa mendaftarkan produk-produknya di E-Katalog Kota Langsa. Jika ada teman atau handai taulan yang punya produk berkualitas tetapi belum mendapatkan kesempatan ikut pelatihan pendaftaran E-Katalog, maka ajari mereka dan ajak mereka untuk mendaftarkan produknya di E-Katalog Kota Langsa. 

Sekali lagi ucapan terima kasih Pemerintah Kota Langsa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bank-bank yang telah melakukan pendampingan terhadap UMKM Kota Langsa. 

Kami berharap pendampingan ini semakin ditambah jumlahnya dan ditingkatkan kualitas pendampingannya mulai dari proses produksi, legalisasi produk, teknik pengemasan, promosi dan pemasarannya hingga penanganan complain konsumen. 

Jika semua aspek tersebut tertangani dengan baik, insya Allah produk Kota Langsa akan menjadi raja di Kota Langsa. Kami yakin dengan kerja cerdas, kerja keras, dan kerjasama semua pihak harapan tersebut dapat kita wujudkan.

Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ali Musafah, SE, menyampaikan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi digital, khususnya dalam memanfaatkan E-Katalog, serta memperkuat sinergi dengan lembaga perbankan.

“Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing UMKM dalam mengakses pasar yang lebih luas dan memperoleh dukungan pembiayaan,” ujarnya

Ini juga merupakan bentuk Komitmen Saya selaku Peserta Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. II Angkatan XVII Tahun 2024 di Pustlatbang KHAN LAN RI yang mempunyai PROPER dengan Judul "PEKAT" (Percepatan Produk Lokal Melalui E-Katalog di Kota Langsa)," lanjutnya.

Ali Mustafa menambahkan, Kegiatan ini merujuk pada Regulasi antar lain; 
1.Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022       Tentang percepatan peningkatan                    penggunaan produk dalam negeri dan          produk usaha mikro, usaha kecil, dan            koperasi dalam rangka menyukseskan          Gerakan Nasional Bangga Buatan                  Indonesia pada pelaksanaan pengadaan      barang/jasa Pemerintah.
2.Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 6              tahun 2022 tentang Percepatan Belanja        Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha      Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi melalui      Katalog Elektronik Lokal Pemerintah              Daerah.
3. Sesuai dengan Rencana Aksi Reformasi       Birokrasi Tematik dari KEMENPAN RB RI.

Tujuan Kegiatan :
1. Memperkenalkan sistem E-Katalog                 kepada Pelaku UMKM sebagai sarana           pemasaran produk secara digital.
2. Meningkatkan literasi digital UMKM               terkait transaksi elektronik dan                       pengelolaan produk secara online.
3. Mendukung Pelaku UMKM dalam                   mengakses layanan perbankan dan               pembiayaan yang sesuai dengan                   kebutuhan bisnis mereka.
4. Membangun kemitraan antara UMKM          dengan Stakeholder terkait, termasuk            Lembaga Perbankan,untuk menciptakan      ekosistem bisnis yang lebih kuat dan             berkelanjutan.

Acara tersebut turut dihadiri,Forkopimda, Pimpinan OPD,Para Kabid/Kabag dalam jajaran Pemerintahan Kota Langsa, Perum Bulog Cabang Langsa,Instansi Vertikal, Bank Aceh Syariah Cabang Langsa, Pelaku UMKM dan tamu undangan lainnya.
(arman suharza)

Posting Komentar

Top