0


LANGSA|GLOBAL SUMUT-Pj.Wali Kota Langsa diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Langsa Ali Musafah S.E membuka Pelatihan Dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pengedalian Inflasi Kota Langsa (SIPPIKOLA) berlangsung di Aula Setda Kota Langsa (20/9/24)

Dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Langsa Ali Musafah S.E keberhasilan dari sistem ini sangat bergantung pada pemahaman dan partisipasi semua pihak, baik dari pemerintah,sektor swasta,maupun masyarakat.

Oleh karena itu,pelatihan dan sosialisasi yang kita laksanakan hari ini memiliki arti yang sangat penting dalam rangka memperkuat sinergi dan pemahaman bersama tentang pentingnya pengendalian inflasi.Melalui Sippikola,kita juga dapat meminimalisir potensi gejolak harga yang bisa berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya laporan yang akurat dan real-time, intervensi yang dilakukan oleh pemerintah dapat lebih tepat waktu dan sesuai kebutuhan. Kita semua tentu berharap agar sistem ini bisa menjadi salah satu solusi utama dalam menjaga stabilitas harga di Kota Langsa, sehingga masyarakat kita dapat hidup dengan lebih tenang dan sejahtera.

Saya berharap para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga nantinya bisa berkontribusi secara maksimal dalam penerapan Sippikola di tempat kerja masing-masing. 

Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja kita dalam menjaga perekonomian Kota Langsa tetap stabil dan kondusif.

Beliau ucapkan apresiasi kepada Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Langsa yang sedang mengikuti diklat PKA Angkatan II Tahun 2024 yang sudah membuat aksi perubahan Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa (SIPPIKOLA) semoga bermanfaat untuk Pengendalian inflasi di Kota Langsa.

Inflasi adalah salah satu isu ekonomi yang krusial, karena memiliki dampak langsung terhadap daya beli masyarakat dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan. 

Kota Langsa sebagai salah satu Kota di Aceh, tentu tidak terlepas dari tantangan inflasi. 

Oleh karena itu, pengendalian inflasi menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah,khususnya dalam menjaga stabilitas ekonomi di daerah ini.

Peluncuran dan penerapan Sistem Informasi Pelaporan dan Pengendalian Inflasi Kota Langsa (Sippikola) merupakan langkah nyata kita dalam menghadapi tantangan ini. 

Melalui sistem ini, kita akan dapat mengidentifikasi dan mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi secara lebih efektif dan transparan. Ini akan menjadi alat bantu yang penting bagi pemerintah,pelaku usaha,serta masyarakat dalam memantau pergerakan harga, stok barang, dan kebutuhan pokok di pasar.

Keberhasilan dari sistem ini sangat bergantung pada pemahaman dan partisipasi semua pihak,baik dari 

pemerintah,sektor swasta,maupun masyarakat. 

Oleh karena itu,pelatihan dan sosialisasi yang kita laksanakan hari ini memiliki arti yang sangat penting dalam rangka memperkuat sinergi dan pemahaman bersama tentang pentingnya pengendalian inflasi.




Melalui Sippikola, kita juga dapat meminimalisir potensi gejolak harga yang bisa berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat. 

Dengan adanya laporan yang akurat dan real-time, intervensi yang dilakukan oleh 

pemerintah dapat lebih tepat waktu dan sesuai kebutuhan. Kita semua tentu berharap agar sistem ini bisa menjadi salah satu solusi utama dalam menjaga stabilitas harga di Kota Langsa,sehingga masyarakat kita dapat hidup dengan lebih tenang dan sejahtera.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi terkait tentang penggunaan sistem informasi berbasis aplikasi,khususnya dalam pelaporan pengendalian inflasi di Kota Langsa, 

hal ini penting untuk terciptanya laporan upaya pengendalian inflasi yang tepat waktu dan akuntabel, 

Kegiatan ini merupakan komitmen saya selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 

2024 di Puslatbang KHAN LAN RI dengan judul aksi perubahan “(SIPPIKOLA)” yaitu 

Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa.Kegiatan ini merujuk pada regulasi antara lain

1. Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun          2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi        Nasional;

2. Keputusan Menteri Dalam Negeri                  Nomor  500.05-8135 Tahun 2017                  tentang  Tim Pengendalian Inflasi 

    Daerah;

3. Arahan Presiden yang disampaikan              pada  Rakornas pengendalian Inflasi             Tahun 2024 di Istana Negara 

    Jakarta (tanggal 14 Juni 2024);

4. Keputusan Walikota Langsa Nomor              66/500/2024 tentang Pembentukan Tim      Pengendalian Inflasi Daerah 

    Kota Langsa Tahun 2024.

Tujuan mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota 

Langsa (SIPPIKOLA) yaitu :

1. Tujuan Jangka Pendek 

     Pengembangan Sistem, Pelatihan dan         Sosialisasi Pengguna, Pengumpulan             Data Awal, Lauching Aplikasi 

     dan Pemanfaatan Aplikasi

2. Tujuan Jangka Menengah

     Pengembangan Aplikasi dengan versi          dan fitur terbaru dan Pengembangan            laporan periodik

3. Tujuan Jangka Panjang

     Sistem informasi yang berkelanjutan,           terintegrasi dan Keterlibatan masyarakat

Tampak hadir Direktur PT.Pekola,Kepala OPD dan Instansi atau yang mewakili, Kabag Perekonomian dan SDA,Peserta Pelatihan dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pengendalian Inflasi Kota Langsa dan tamu undangan lainnya.

(arman suharza)

Posting Komentar

Top