0


MEDAN| GLOBALSUMUTCOM - Sukses, Theo Adrianus Purba, A.Md.IP., S.H., M.H., resmi dilantik sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas II  Samarinda pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Pelantikan ini merupakan tonggak penting dalam karier Theo yang telah mengisi berbagai posisi strategis di lingkungan pemasyarakatan.

Pria kelahiran Medan, 2 Juli 1980 ini, mengawali kariernya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada tahun 2000 sebagai ASN dan ditempatkan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan.

Theo dikenal sebagai sosok inovatif yang kerap menghadirkan berbagai terobosan dan prestasi dalam setiap penugasan yang dijalaninya.

Selama meniti karier, Theo Adrianus menyelesaikan pendidikan di Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP), yang kini dikenal sebagai Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), pada tahun 2004.

Tak berhenti di situ, ia melanjutkan studinya ke jenjang S1 Hukum dan berhasil meraih gelar sarjana pada tahun 2007.

Jabatan strategis pertamanya diraih saat ia dipercaya sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) di Rutan Labuhan Deli.

Tak hanya itu, selama bertugas di Rutan Labuhan Deli dari 2012 hingga 2016, Theo juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Tahanan.

Kemampuannya dalam berkomunikasi dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan berbagai pemangku kepentingan, serta keterbukaannya terhadap media, membuatnya semakin dikenal luas.

Karier Theo terus menanjak, dan pada tahun 2016 ia diangkat menjadi Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe. Setelah dua tahun bertugas di Kabanjahe, pada tahun 2018, ia dipromosikan menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tebing Tinggi hingga tahun 2020.

Pengalaman ini kemudian membawanya kembali ke Medan sebagai Kepala Rutan Kelas I Medan.

Di Medan, Theo berhasil melakukan sejumlah perubahan signifikan, termasuk meningkatkan budaya kerja, pengelolaan sumber daya manusia, serta koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Salah satu pencapaian pentingnya adalah keberhasilan dalam menggelar vaksinasi massal bagi warga binaan selama pandemi COVID-19, dengan capaian target tertinggi di wilayah tersebut.

Pada November 2022, Theo dipercaya menjadi Kalapas Kelas IIA Binjai, di mana ia segera meluncurkan sejumlah inovasi, termasuk pendirian stasiun radio internal Lapas yang dinamai “Suara Binjai”.

Radio ini menjadi sarana edukasi dan informasi serta mempererat hubungan antara WBP.

Di bawah kepemimpinannya, Lapas Binjai juga menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas kontribusinya dalam Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Penghargaan ini diserahkan dalam acara Gala Dinner Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024 di Sibolga.

Dengan segudang pengalaman dan prestasi tersebut, Theo Adrianus Purba kini memulai tugas barunya sebagai Kalapas Narkotika Kelas II Samarinda, Kalimantan Timur.

Pelantikannya disambut positif oleh banyak pihak, yang berharap ia dapat membawa perubahan dan kemajuan seperti yang telah ia lakukan di tempat-tempat sebelumnya,”pungkas nya. (Ind)

Posting Komentar

Top