0


MEDAN | GLOBAL SUMUT-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program pembinaan moralitas di Lapas Kelas I Medan. Kali ini, Lapas Medan bersama 8 Orang mahasiswa magang Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen melaksanakan kegiatan seminar tentang resiliensi dan penelitian psikologi, Senin (01/07/2024).

Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, mendukung penuh kontribusi praktek kerja Lapangan di Ruang Belajar Pembinaan Moralitas yang dilakukan oleh mahasiswa magang Fakultas Psikologi Nommensen tersebut. Apresiasi bagi  Mahasiswa Magang yang telah melakukan kegiatan seminar dan penelitian.


Menurutnya Kalapas, sebagai perguruan tinggi memang harus menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi, dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujudnya.

“Adik-adik mahasiswa ini mencoba mengangkat moril, dan semangat mereka (narapidana) menjadi suatu hal yang positif,” Jelas Kalapas.

“Lapas Medan saat ini sedang melaksanakan program pembinaan moralitas bagi warga binaan yang mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan (mapenaling), dalam prosesnya pelaksanaannya bersama mahasiswa ikut berkontribusi positif dalam mendukung kegiatan pembinaan moralitas bagi warga binaan,” ucap Maju.

Peristiwa Sembiring, selaku Kabid Pembinaan, melalui Kasi Bimkemas, M. Kurniawan mengatakan hadirnya mahasiswa Psikologi ini juga dapat memberikan motivasi karena narapidana bisa percaya diri kembali untuk kembali ke rumah dan tidak terpengaruh stigma negatif masyarakat bahwa mantan narapidana itu buruk.

“Masyarakat nantinya bisa sadar bahwa inilah sebenarnya di dalam lapas. Mereka (narapidana) dibina, dan diberdayakan, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya,” kata M. Kurniawan

Sementara itu, Theresya Sinaga salah satu Tim mahasiswa mengatakan,”Kegiatan seminar ini  dibagi dalam tiga sesi, meliputi resiliensi, Coping Stress, dan Emotional Intelligence, jadi kegiatan ini merupakan program secara khusus berupa Webinar, dimana didalamnya terdapat kegiatan konseling, sharing session,” Terangnya. 

(ABU/IND)

Posting Komentar

Top