0


MEDAN | GLOBAL SUMUT- Banyak orang, teman, dan keluarga yang kita lihat ketika mereka berbicara pasti mereka gugup, berbelit-belit, gemetar ternyata itu bisa terjadi karena Glossophobia ini adalah phobia atau rasa takut dan cemas berlebihan ketika seseorang harus berbicara didepan banyak orang. Phobia ini termasuk phobia sosial, walau begitu glossophobia ini bukanlah gangguan mental yang berbahaya, tetapi tetap perlu diatasi dan harus dikelola dengan baik agar tidak mengganggu kehidupan karier si penderitanya. 

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dia sedang menderita glossophobia, tapi terkadang seseorang sangat beresiko menderita glossophobia akut ketika dia mengalami kejadian buruk dimasa lalunya.

Seperti tak pernah didengarkan saat berbicara atau dipotong saat sedang berbicara pada saat masih kecil. Adapun ciri ciri orang yang sedang menderita glossophobia yaitu bergemetar, keringat dingin, deg degan, sering ke kamar mandi karena selalu ingin buang air kecil. 

Saat berhadapan dengan publik, penderita glossophobia umumnya menjadi sulit berbicara, bicara terbata-bata, atau terkesan gagap, padahal mereka bisa berbicara dengan lancar saat berdialog ataupun secara pribadi.

Namun tidak dengan ketika mereka sedang dihadapan orang ramai. 

Berikut ini cara mengatasi atau mengurangi rasa gugupmu!

Mengelola pikiran negatif, hilangkan kebiasaan yang membuat asumsi diri dan berpikir orang akan menilai kamu tidak kompeten jika sampai kamu melakukan saat berbicara didepan umum. Asalkan kamu berusaha tampil percaya diri dan bisa menguasai materi presentasi dengan cara menarik dan menyenangkan.

Kontrol nafas saat kamu gugup, jangan sampai kamu terengah engah saat sedang berbicara itu akan membuatmu terlihat bahwa kamu sedang gugup.

Terus berlatih didepan kaca, saat kamu berlatih dan melihat dirimu sendiri dikaca itu akan membantu membangkitkan rasa percaya diri, bangun rasa percaya diri sendiri dan fokus mengenai apa yang harus kamu katakan bukan yang mereka lakukan.

Jika hal-hal yang diatas sudah kamu lakukan maka selanjutnya adalah jangan lupa berdoa, apapun yang kamu lakukan jangan lupa tempatkan Allah swt dalam posisi teratas pada dirimu, gantungkan dan pasrahkan semuanya kepada Allah swt. 

Penulis: Rani Octaviani Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Posting Komentar

Top