0


LANGSA|GLOBAL SUMUT -Pj.Wali Kota Langsa Syaridin S.Pd,M.Pd membuka secara resmi Rapat Koordinasi BPSDM Aceh Bersama BKPSDM Se-Aceh Tahun 2023,dengan mengambil tema "Membangun Sinergisitas Dan Profesionalisne Menuju Smart ASN Yang Ber Akhlak,"

Dihadiri oleh Bapak Kepala Puslatbang KHAN LAN RI, Unsur Forkopimda,Plh.Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh,Para pejabat struktural dan fungsional penyetaraan di lingkungan BPSDM Aceh, Koordinator widyaiswara dan para widyaiswara di lingkungan BPSDM Aceh,Para peserta rakor dari BKPSDM Kabupaten-Kota dan tamu undangan lainnya, di Hotel Harmoni Senin (13/11/2023)

Pj.Wali Kota Langsa Syaridin S.Pd,M.Pd membacakan kata sambutan Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah dalam acara Rapat Koordinasi BPSDM Aceh sebagaimana kita pahami bersama bahwa pengembangan inovasi pelayanan publik perlu didukung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang inovatif dan kreatif yang berorientasi pada peningkatan produktivitas kerja.Untuk itu pengembangan kompetensi ASN yang merupakan hak pegawai,mutlak diperlukan.

Terkait dengan hal tersebut,dalam PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,disebutkan bahwa setiap PNS memiliki hak pengembangan kompetensi paling sedikit 20 JP (Jam Pembelajaran) selama 1 (satu) tahun. 

Sedangkan dalam PP No.49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) disebut bahwa PPPK memiliki kesempatan untuk pengembangan kompetensi paling banyak 24 JP (Jam Pembelajaran) selama 1 (satu) tahun.

Kita semua tentu memahami bahwa setidaknya terdapat 3 kompetensi kunci yang wajib dimiliki oleh setiap ASN,yakni kompetensi teknis,kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. 

Pengembangan kompetensi ASN dimaksud diperlukan mengingat tuntutan lingkungan strategis,seperti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi, peningkatan daya saing bangsa,serta harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah pusat dan daerah yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

Sebagai aparatur,kita dituntut untuk senantiasa mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa memanfaatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan,pengayoman dan pemberdayaan masyarakat menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan masyarakat.

Berbagai program pengembangan kompetensi ASN,baik di Pemerintah Aceh maupun di Pemerintah Kabupaten -Kota haruslah terkoordinasi dan tersinkronisasi dengan baik agar hasil yang akan dicapai lebih optimal.

Dalam rangka mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan berbagai program dan kegiatan pengembangan kompetensi dimaksud,maka diselenggarakanlah rapat koordinasi, yang bertujuan untuk meluruskan kebijakan pengembangan kompetensi sebagai bentuk kesepahaman bersama terhadap upaya peningkatan kapasitas sumber daya aparatur yang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah dan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan akan pengembangan kompetensi.

Melalui rakor ini pula ingin dibangun kesamaan persepsi dan kesatuan gerak langkah dalam pengembangan kompetensi ASN yang terpadu dan sinergisitas program serta kegiatan dalam membangun kompetensi dan profesionalisme ASN.

Banyak hal yang harus kita bangun melalui inovasi, kreativitas dan kolaborasi yang kuat di antara kita semua.Mari bangun ketangguhan dan profesionalisme ASN. Semoga kita semua bisa memberikan penguatan dalam membangun sinergitas insan-insan ASN bagi peningkatan kompetensi di lingkup tugasnya masing-masing.

Kepada narasumber dan penyelenggara saya ucapkan selamat bertugas, fasilitasi penyelenggaraan rakor ini dengan sebaik-baiknya.Yakinlah bahwa upaya yang kita lakukan hari ini insya Allah akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan dan peningkatan kompetensi ASN dalam melaksanakan tugas dan mewujudkan optimalisasi kinerja organisasinya.

Kepada peserta saya ucapkan selamat mengikuti rakor, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk lebih meningkatkan koordinasi dan sinergisitas dalam suatu harmonisasi.Perjalanan dan upaya kita dalam rangka pengembangan dan peningkatan kompetensi dan profesionalitas ASN ini masih panjang, namun sekecil apapun upaya yang kita lakukan tentunya akan memberikan kontribusi bagi terwujudnya sosok ASN yang berkompeten,kreatif,inovatif,profesional dan berintegritas dalam menyelenggarakan tugasnya.

Kerja keras,kerja cerdas,kerja tuntas,dapat kita jadikan motivasi dalam bekerja, dengan tekad dan semangat kita ubah kelemahan menjadi kekuatan, hambatan dan tantangan menjadi peluang. Dengan bersama kita pasti bisa,"harapnya

Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir.Qayyum Staff membacakan kata sambutan Pj.Wali Kota Langsa dan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan BPSDM Aceh yang telah memilih Kota Langsa sebagai tuan rumah untuk Pelaksanaan Rapat Koordinasi antara BPSDM Aceh dengan BKPSDM Kabupaten-Kota Se-Aceh dan Selamat Datang kepada Bapak-Ibu semuanya selaku peserta yang mewakili Kabupaten-Kota Masing-masing untuk mengikuti Rapat Koordinasi ini,yang Insya Allah akan dilaksanakan lebih kurang selama 3 (tiga) hari mulai hari ini tanggal 13 November -15 November 2023.

Kegiatan Rapat Koordinasi BPSDM Aceh ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh BPSDM Aceh terhadap Pemerintah Kabupaten-Kota di Aceh yang bertujuan untuk sinkronisasi dan optimalisasi berbagai program peningkatan dan pengembangan sumber daya aparatur di lingkungan Pemerintah Aceh.

Pemerintah Kota Langsa melihat kegiatan ini sangatlah penting untuk di Laksanakan dan di Ikuti sepenuhnya oleh Setiap Perwakilan dari Kabupaten-Kota yang ada di Aceh.Kita sadari bersama bahwa kita Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih-lebih yang berada dibawah naungan BPSDM  merupakan ujung tombak yang bertanggung jawab penuh untuk mengembangkan SDM ASN di setiap Kabupaten-Kota agar benar-benar menjadi ASN yang profesional dalam bekerja,mampu bersinergi dengan semua pihak,serta cerdas dan berakhlak mulia baik dengan sesama maupun dalam melayani masyarakat,sehingga cita-cita untuk mewujudkan ASN yang sesuai dengan tema kita pada hari yang mulia ini dapat terwujud dan bernilai banyak kebaikan bagi kita semua.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari.Mari kita semua memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala  mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan Lancar dan memberikan dampak positif serta energi baru bagi kita semua dalam menjalankan roda Pemerintahan di daerah masing-masing,"tutupnya.(arman suharza)

Posting Komentar

Top