0


LANGSA | GLOBAL SUMUT - Berdasarkan data stunting yang diperoleh dari pihak Satgas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Dan Anak (DP3A) Kota Langsa menunjukkan terdapat 21 Gampong dari 66 Gampong di wilayah kerja Pemko Langsa yang merupakan Lokasi Fokus (Lokus) Keluarga Beresiko Stunting dan Balita Stunting.

Hasil tanya jawab melalui WhatsApp beberapa Geuchik dari 21 Gampong yang merupakan Lokasi Fokus Keluarga Beresiko stunting diambil sebagai sampel untuk membuktian data yang dikeluarkan oleh Satgas Stunting (DP3A) valid atau tidak valid data tersebut.

Teryata beberapa Geuchik dari Gampong Lokasi Fokus Stunting yang diambil sebagai sampel menyangkal data tersebut tidak valid.Pasalnya, satu sisi berdasarkan indikator apa Keluarga Beresiko stunting muncul data dengan jumlah angka sangat fantastis di Gampong.

Disisi lain terungkap data yang diperoleh berbeda beda dari Puskesmas dengan instansi terkait lainnya.Bahkan ada pula yang menderita penyakit lain di vonis stunting.Sehingga Geuchik dibuat bingung jangan sampai dinilai Gampong tidak bekerja dan tidak serius dalam penanganan kasus Keluarga Beresiko stunting.


Kepala Dinas (DP3A) Kota Langsa sewaktu dikonfirmasi melalui WhatsApp ditanya apakah data stunting yang didapat dari Satgas Stunting valid atau tidak dijawab lain.Beliau memberikan penjelasan data stunting anak balita sumber dari Dinkes.Sementara bidang KB hanya pencegahan. Untuk program pendampingan keluarga beresiko stunting dilaksanakan oleh pendamping keluarga di Gampong. 

T.Jamalul Iqbal,Ketua Sekretaris Bersama Wartawan Indonesia (SWI) Provinsi Aceh ditemui di salah satu Cafe di Kota Langsa mengatakan  data stunting yang dikeluarkan oleh Satgas Stunting DP3A Kota Langsa sarat direkayasa dengan melakukan mark up angka Keluarga Beresiko stunting,"jelasnya.(5/10/23).

Ditambahkannya,ini adalah program Nasional Pemerintah Pusat jangan rakyat dijadikan obyek dan data dijadikan proyek untuk mendapatkan pundi pundi milyaran rupiah bagi daerah.

Diharapkan kepada Pj.Wali Kota Langsa untuk mengkoreksi data atau up date data kegiatan Gampong Lokasi Fokus Stunting yang dikeluarkan oleh Satgas Stunting (DP3A) dan sekaligus mengevaluasi kinerja instansi yang terkait Stunting di Kota Langsa,"tandasnyaa (arman suharza)

Posting Komentar

Top