0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT -  Ketersediaan sarana dan prasarana (sapras) merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dalam menunjang kemajuan dunia pendidikan. Namun sampai saat ini, masih banyak sekolah yang minim akan sapras tersebut.Seperti kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 065007 Jalan Penghubung IV, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan yang toiletnya tidak menyediakan air bersih.Senin (19/6/2023)

Pengamat Pendidikan Indrawan SH kepada awak media ini mengatakan, pihaknya menerima pengaduan dari wali murid dan warga sekitar bahwa SD 065007 toilet sekolah tersebut tidak berpungsi lantaran tidak adanya air bersih sehingga murid -murid sekolah itu buang air kecil maupun besar sembarangan tidak lagi di toilet karena tidak tersedianya air bersih. akibatnya lingkungan sekolah tersebut menjadi tidak sehat alias "Bau",  Ujar Indrawan.

LanjutnyaI Ihwal pemeliharaan prasarana, dana BOS Reguler juga bisa dipakai sekolah untuk memperbaiki atau membangun toilet. Penyediaan sumber air bersih pun bisa dilakukan menggunakan dana BOS Kenapa hal itu tak di lakukan.

Masih kata Indra, warga blok 19 lingk 14, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan yang berdampingan dengan sekolah tersebut akhir-akhir ini resah dengan aroma "bau" yang tidak sedap.

" Aduh bang sudah 2 bulan ini aroma tidak sedap datang dari sekolah ini, karena anak-anak sekolah itu kalau buang air kecil dan besar sembarangan tidak lagi di toilet", ungkap IM (46) warga sekitar yang merupakan salah satu wali murid.

Kepsek SD 065007 yang dikonfirmasi terkait tidak adanya air bersih di sekolah tersebut beralasan kalau rekening PDAM sekolah nunggak 5 tahun.

" Rekening Airnya nunggak 5 tahun jadi tak ada air, ini baru kami bayar pak, kami perbaiki instalasinya, besok sudah masuk airnya pak", Elak Hetdi Br Hutahean Kepsek SD 065007 kepada awak media.

Terkait hal itu Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Medan Bambang Sudewo, S.Pd, M.Pd, yang dikonfirmasi media online ini melalui WhatsApp belum menjawab (tim)

Posting Komentar

Top