0


MARELAN | GLOBAL SUMUT - Setelah viral, dikunjungi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon Pos Siskamling Jembatan Gantung Terindah Linkungan XI Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan, kali ini dikunjungi Dir Binmas Poldasu di wakili Kompol Rita dan Kompol Tendri Sinaga,SH.

Kunjungan pejabat dari Dir Binmas ini disambut baik oleh Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP Arman Siregar, Bhabinkamtibmas Labuhan Deli Aipda Wahyu Mulyawan, para pengurus LPM Kecamatan Medan Marelan diketuai Hendri Tan bersama Sekretarisnya Azwar dan LPM Kelurahan Labuhan Deli Asmuni, Lurah Labuhan Deli Mochtar Harahap, Kepling XI Ermansyah serta Bhabinsa Labuhan Deli Muh Juanda, Ketua Karang Taruna Labuhan Deli Agus Syahputra Serta para tokoh masyarakat di Labuhan Deli.

Dalam kunjungan dan penilaiannya dua pejabat Dir Binmas Polda Sumatera Utara saat diwawancarai Kompol T.Sinaga mengatakan, sangat apresiasi dan sangat mendukung atas inisiasi dari masyarakat atas terselenggaranya dan aktifnya pos Siskamling ini dalam menjaga Kamtibmas di sekitar lingkungan Pos Siskamling.

Harapan kami semoga Pos Siskamling ini menjadi tempat memberi atau mendapatkan keamanan dan pelayanan.

Dan sebagai sarana bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

Uniknya Pos Siskamling ini diantaranya adanya jembatan gantung, ada juga sungai, Nah..kami sangat senang bahkan sungai Deli ini juga dapat digunakan anak- anak untuk belajar berenang dan terpelihara kebersihannya.

Dan Pos Siskamling ini sebagai tempat untuk masyarakat disini memberikan dan menyampaikan curhatan dan aspirasi masyarakat kepada anggota regu di Pos siskamling ini.

" Kita juga berharap nantinya di Pos siskamling jembatan gantung ini adanya bantuan perahu karet dan ban- ban untuk aksi penyelamatan guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.Ujar Kompol T.Sinaga.

Sebelum kehadiran kunjungan dari para pejabat Dir Binmas Poldasu tersebut, di halaman lingkungan Pos Siskamling jembatan gantung digelar dialog interaktif langsung dipimpin Kasad Binmas AKP. Arman SH bersama Lurah Labuhan Deli, Kepling XI pihak LPM Marelan dan Labuhan Deli, Karang Taruna serta tokoh masyarakat terkait permasalahan tentang hukum yang dihadapi masyarakat. 

Sebagaimana disampaikan Lurah Labuhan Deli Mochtar Harahap memaparkan betapa banyak manfaat dari keberadaan Pos Siskamling diantaranya turut menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dari gangguan tindak kejahatan serta dulunya lokasi lingkungan pinggir sungai ini penuh sampah kini sejak adanya Pos Siskamling lingkungan tanggul sungai menjadi bersih . 

Pada kesempatan itu pula Azwar S.Ag selaku sekretaris LPM Marelan mengaku hikma dari keberadaan Pos Siskamling XI jembatan gantung yakni terasa begitu nyaman dengan adanya hembusan angin sepoi- Sepoi saat duduk di Pos siskamling ini.

Sekretaris DPC.LPM Medan Marelan ini berharap pada Lurah Labuhan Deli kedepannya untuk diikuti sertakan sentuhan dari pihak Ibu PKK guna turut menata taman- taman yang ada di sekitar Pos Siskamling ini .

Azwar juga meminta permohonan perlindungan secara hukum terkait pengembangan kawasan pos Siskamling baik pengembangan lokasi taman olahraga untuk jogging maupun pembangunan diatas tanggul di sekitar Pos Siskamling XI jembatan gantung tersebut.

Sedangkan M.Zuhdi mewakili ketua LPM.Labuhan Deli Asmuni menyampaikan, ucapan terimakasih atas kehadiran kepolisian di kawasan daerah kami ini yang mau bermasyarakat lewat program Pos Siskamling ini.

Berkaitan dengan pos Siskamling tersebut ia mempertanyakan bagaimana kalau ada tertangkap pelaku kejahatan lalu dipukuli warga atau dimassa, bagaimana cara penanganannya yang dibenarkan secara hukum.Tanya tokoh masyarakat Labuhan Deli tersebut.

Peryataan juga datang dari Kepling XI Ermansyah menyampaikan, kalau Pos Siskamling XI ini bukan anti maling, paling tidak dapat meminimalisir tindak kejahatan dan kriminalitas maupun peredaran narkoba di masyarakat.

Dalam menyahutinaspirasi dan curhatan dari sejumlah masyarakat tersebut, Kasad Binmas AKP.Arman Siregar menjelaskan, sebenarnya  tugas pokok pihaknya adalah memberikan penyuluhan terkait Keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Ada 44 Bhabinkamtibmas di wilkum Polres Pelabuhan Belawan, terbukti saat sekarang dalam 5 bulan terakhir ini gangguan Kamtibmas sudah aman dan kondusif sebelumnya selalu ada aksi tawuran remaja dan pembegalan.

Sebenarnya ada langkah- langkah yang diambil Kapolres Pelabuhan Belawan saat ini yakni Pertama, dengan mengumpulkan rekan- rekan Kepling tingkat Kelurahan yakni umumnya mereka meminta adanya penegakkan hukum yang tegas.

"Pola kami saat ini tidak ada lagi dibubarkan saja massa pelaku tawuran melainkan juga harus diamankan, ketahuan bawa Sajam dan narkoba kita ditangkap", tegas Arman.

Kalau sekedar ikutan kita lakukan pembinaan.Apalagi kalau ada aksi kejahatan yang terekam CCTV hingga viral maka kami tak segan- segan untuk melakukan penangkapan ke rumahnya tersangka pelaku.

Di Polres itu sudah ada tim anti tawuran dan kejahatan.

Lebih lanjut dijelaskan Arman, sesuai SOP bila ada pelaku begal maupun tindak kejahatan yang tertangkap , semua masyarakat berhak melakukan penangkapan apalagi pelaku kejahatan tertangkap tangan.

Tapi harus kita teliti dulu masalahnya ketika sudah ditangkap pelakunya, harus juga diketahui apakah ada korban, bukti dan saksinya, jangan buru- buru pelaku tertangkap tadi dipukuli atau dimassa melainkan segera diserahkan ke petugas kepolisian.

Pembentukan Pos Siskamling merupakan salah satu binaan Satbinmas dari Polres Pelabuhan Belawan.

Terkait keberadaan Pos Siskamling dibangun di atas tanggul dinilai diperbolehkan saja demi untuk kepentingan pengamanan di masyarakat.

Dimana didalamnya juga melibatkan adanya Polisi rukun warga (RW) yang kemarin keberadaannya telah diresmikan Kapolres Pelabuhan Belawan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri penyelesaian masalah di tingkat lingkungan apalagi perkara kerugian dibawah Rp2,5 juta tak bisa dilanjuti ke.pengadilan sesuai adanya Peraturan Mahkamah Agung kecuali kasus pencurian dengan kekerasan Curas itupun orangnya tak bisa ditahan.Ujar AKP Arman Siregar.(ind)

Posting Komentar

Top